ANDA OBESITAS ? PENYEBABNYA...

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa terlalu banyak makan dapat menyebabkan obesitas. Namun nampaknya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab ternyata ada beberapa alasan utama kenapa Anda dapat terserang obesitas.

Berikut adalah alasan utama kenapa tubuh Anda dapat mengalami obesitas seperti dilansir dari magforwomen.com.

Gen
Gen dapat menjadi salah satu alasan kenapa seseorang terserang obesitas. Pernahkah Anda merasa bahwa Anda hanya makan sedikit, namun tubuh Anda semakin gemuk? Hal ini bisa jadi karena gen. Jika orang tua Anda mengalami obesitas, maka gen ini dapat ditransfer ke dalam tubuh Anda juga.

Pengaruh obat-obatan tertentu
Tahukah Anda bahwa mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan tubuh Anda gemuk? Beberapa obat-obatan seperti anti psikotik dan anti depresan dapat menyebabkan efek samping yaitu berupa kenaikan berat badan.

Asupan gula berlebih
Kandungan gula tersembunyi yang ada di dalam makanan Anda mampu menjadi penyebab kegemukan. Kelebihan gula akan memberikan efek perubahan hormonal dalam tubuh dan menyebabkan berat badan naik.

Kurang berolahraga
Walaupun Anda makan makanan sehat, namun Anda juga harus tetap rajin berolahraga agar tubuh Anda tetap fit. Olahraga juga akan membuat Anda untuk selalu menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi.

Kurang tidur
Kurang tidur juga dapat menjadi alasan utama kenapa Anda terkena obesitas. Sebab ketika tidur, maka ada senyawa bernama leptin yang diproduksi tubuh. Peran utama leptin adalah untuk meningkatkan sistem metabolisme dan membakar kalori di dalam tubuh. Oleh karena itu bila Anda kurang tidur, maka produksi leptin menjadi tidak maksimal dan dapat mengakibatkan kegemukan.

Kurangnya kesadaran mengonsumsi makanan sehat
Ketika Anda tidak memiliki pemahaman yang benar untuk makan makanan sehat, maka Anda pun merasa bebas untuk makan apa saja termasuk makanan yang tinggi lemak, karbohidrat, dan zat gula. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa makanan sehat dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh termasuk dapat menghindarkan Anda dari kegemukan.

Merokok dan minum
Merokok dan minum minuman beralkohol dapat mengacaukan sistem metabolisme Anda. Sehingga Anda pun dapat mengalami obesitas.

Stres
Stres di dalam tubuh dapat menyebabkan kerugian kesehatan yang besar termasuk risiko obesitas. Sebab ketika stres maka sistem hormonal di dalam tubuh Anda tidak seimbang dan dapat mempengaruhi Anda untuk selalu ngemil. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengelola stres agar Anda tidak terkena obesitas.

Itulah beberapa alasan utama kenapa obesitas mampu menyerang tubuh Anda. Periksa diri Anda, apakah ada tanda tersebut di dalam diri Anda?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment