NODA PUTIH DI GIGI? SINGKIRKANLAH DENGAN 7 LANGKAH MUDAH!

Ketika Anda berbicara tentang kebersihan gigi dan mulut, Anda menganggap bahwa kebersihan gigi merupakan hal yang penting. Padahal selain gigi, ada beberapa organ oral lainnya yang penting untuk dijaga kebersihannya. Salah satunya adalah lidah.

Lidah terkadang dilapisi dengan lapisan putih yang menutupi di atasnya. Lapisan ini apabila dibiarkan terlalu lama maka dapat menjadi sarang bakteri.

Ada banyak hal yang menyebabkan timbulnya lapisan putih ini. Mulai dari jamur, mengonsumsi obat tertentu, merokok, serta minum minuman beralkohol. Berikut adalah cara mudah untuk membersihkan lapisan putih di lidah seperti dilansir dari boldsky.com.

1. Sikat Gigi
Selain digunakan untuk menyikat gigi, Anda dapat menggunakan sikat gigi Anda untuk membersihkan lidah. Caranya adalah dengan menggunakan bagian belakang sikat gigi yang bergelombang tersebut.

Namun lakukan dengan perlahan agar tindakan ini tidak sampai melukai lidah Anda. Setelah itu berkumurlah dengan air bersih.

2. Menggunakan Pembersih Lidah
Selain menggunakan sikat gigi, ada alat pembersih lidah yang khusus. Jadi ketika Anda selesai menggosok gigi, Anda dapat menggunakan pembersih lidah tersebut agar tindakan pembersihan ini lebih sempurna.

3. Menkonsumsi Makanan Sehat
Beberapa jenis makanan sehat ada yang berkhasiat untuk menjaga kebersihan lidah. Contoh makanan tersebut adalah stroberi, lemon, keju cheddar, dan apel. Kandungan alami makanan ini mampu membersihkan lapisan putih yang ada di atas lidah.

4. Membersihkan Dengan campuran lemon dan baking soda
Campuran dari dua bahan alami ini merupakan salah satu cara alami untuk membersihkan lidah Anda. Anda dapat mengaplikasikannya dengan cara mengoleskan kedua campuran ini di atas lidah dan kemudian bilaslah dengan air bersih.

5. Berkumur
Selalu berkumurlah setiap selesai makan. Tindakan ini bertujuan untuk menghilangkan partikel makanan yang terjebak di antara gigi serta mampu membersihkan lidah Anda. Gunakan obat kumur saat berkumur sebab kandungan bahan aktif di dalamnya juga mampu membunuh bakteri penyebab infeksi di mulut.

6. Makan yogurt
Jamur candida adalah salah satu penyebab munculnya lapisan putih di atas lidah. Sementara yogurt sendiri mengandung bakteri baik yaitu pro biotik yang mampu membunuh jamur ini dan mencegahnya tumbuh.

7.  Minum air kunyit
Selain campuran lemon dan baking soda, Anda juga dapat meminum air kunyit untuk membersihkan lapisan putih di lidah. Sebab kunyit mengandung bahan anti septik yang bermanfaat untuk membersihkan lidah Anda.

Lapisan putih di atas lidah jangan dibiarkan sebab mampu mengganggu kesehatan mulut dan gigi Anda. Sehingga gunakan bahan alami di atas untuk membersihkannya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment