PEROKOK, TIDAK KENAL RASA PAHIT!

Apakah Anda perokok dan sedang berusaha menghentikan kebiasaan buruk tersebut? Lebih baik berusahalah untuk menghentikannya. Sebab menurut penelitian yang dilansir dari indiatimes.com menyebutkan bahwa kemampuan indera perasa seorang perokok untuk merasakan rasa pahit akan terus berkurang karena kebiasaan ini.

Tim peneliti dari Pitie-Salpetriere Hospital di Prancis menguji kemampuan 451 peserta yang merupakan perokok dan non-perokok untuk mengenali empat dasar rasa yaitu manis, asam, pahit, dan asin. Hasilnya, 1 dari 5 perokok tidak memiliki kemampuan untuk mengenali rasa dengan benar termasuk rasa pahit.

"Akumulasi dari tembakau atau racun pembakaran produk tembakau dapat mengurangi kemampuan indera perasa untuk merasakan rasa suatu makanan atau minuman. Tidak hanya rasa pahit. Sebab ternyata mereka juga memiliki kepekaan yang rendah untuk merasakan rasa yang lain. Hal ini secara tidak langsung dapat merugikan kesehatan. Sebagai contoh, apabila seorang perokok tidak dapat merasakan rasa asin suatu masakan maka dia akan menambahkan banyak garam ke dalam masakan tersebut. Padahal mengonsumsi banyak garam mampu menyebabkan darah tinggi," jelas Nelly Jacob, salah seorang peneliti.

Jadi masih ingin melanjutkan kebiasaan merokok? Semua keputusan ada di tangan Anda.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment