MEROKOK, BUAT WANITA CEPAT GEMUK

Selama ini banyak orang yang percaya bahwa kebiasaan merokok membantu mereka menurunkan berat badan. Rokok dipercaya akan membantu menekan selera makan mereka. Namun sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa itu hanya mitos belaka. Kebiasaan merokok justru membuat wanita lebih cepat gemuk.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan merokok akan melemahkan kemampuan seseorang untuk merasakan lemak dan gula. Wanita yang mengalami kelebihan berat badan tak akan bisa mengukur seberapa banyak lemak dan gula yang mereka konsumsi sehingga mereka akan makan lebih banyak kalori tanpa sadar.

Hasil ini diketahui peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap beberapa kelompok wanita. Mereka diminta merasakan puding vanilla yang mengandung jumlah lemak dan gula yang berbeda. Wanita tersebut kemudian diminta untuk menilai puding vanilla tersebut.

Wanita berusia 21 sampai 41 tahun itu dibedakan menjadi empat kelompok, antara lain kelompok wanita obesitas perokok, obesitas non-perokok, wanita yang memiliki berat badan ideal namun perokok, dan wanita dengan berat badan ideal yang bukan perokok.

"Dibandingkan dengan tiga kelompok lainnya, perokok yang obesitas lebih sulit merasakan manis dan lemak dalam makanan. Mereka juga merasa kurang puas dengan merasakan puding tersebut," ungkap Dr Yanina Pepino dari Washington University School of Medicine, seperti dilansir oleh Daily Mail (04/04).

Penelitian ini menemukan bahwa kebiasaan merokok akan membuat indera perasa wanita yang obesitas menjadi semakin menurun. Hasilnya, mereka tak bisa merasakan gula dan lemak dalam makanan dan berakhir mengonsumsi lebih banyak kalori.

Penelitian sebelumnya juga mengaitkan kebiasaan merokok dengan konsumsi makanan yang lebih banyak, termasuk makanan berlemak. Hal ini bahkan berlaku pada perokok yang tidak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment