VEGETARIAN RENTAN KENA KANKER ?

Selama ini pilihan menjadi seorang vegetarian seringkali dikaitkan dengan kualitas hidup yang lebih baik dan menyehatkan. Hal itu karena vegetarian hanya mengonsumsi sayur dan buah serta menghindari daging yang berlemak dan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Namun penelitian terbaru justru mengungkap sebaliknya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa vegetarian memiliki kesehatan yang lebih buruk dibandingkan orang yang memakan daging. Menjadi vegetarian diklaim bisa menurunkan kesehatan dan kualitas hidup seseorang, seperti dilansir oleh Daily Mail (03/04).

Bahkan penelitian ini menemukan bahwa vegetarian lebih rentan terkena alergi, kanker, dan masalah mental seperti depresi dan kecemasan. Vegetarian memiliki risiko terkena kanker dan serangan jantung hingga 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memakan daging. Begitu juga untuk risiko terkena alergi.

Meski begitu, penelitian yang dilakukan oleh Medical University di Graz, Austria, ini juga mengungkap bahwa dalam beberapa hal vegetarian memang lebih sehat dibandingkan pemakan daging. Vegetarian biasanya memiliki gaya hidup yang lebih aktif dan mengonsumsi lebih sedikit alkohol.

Lebih banyak vegetarian yang tidak merokok dan memiliki indeks massa tubuh yang lebih kecil. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa kebanyakan vegetarian berasal dari kelas sosial ekonomi tinggi.

Penelitian ini menunjukkan kebalikan dari penelitian sebelumnya yang mengungkap bahwa pemakan daging lebih berkemungkinan mengalami masalah kesehatan termasuk kanker usus. Meski begitu, hasil ini bukan berarti Anda harus berhenti menjadi vegetarian. Yang terpenting adalah mengimbangi pola makan yang Anda pilih dengan gaya hidup sehat seperti berolahraga.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment