5 TES YANG DILAKUKAN WANITA UNTUK CEGAH PENYAKIT

Melakukan tes secara teratur sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit, tak hanya bagi pria tetapi juga wanita. Melakukan gaya hidup yang sehat saja tak cukup, wanita juga harus waspada terhadap tanda-tanda penyakit yang muncul dari tubuh mereka.

Melakukan pemeriksaan rutin tak hanya baik untuk mencegah penyakit, tetapi juga memberikan informasi kesehatan secara menyeluruh pada wanita. Berikut adalah beberapa jenis tes paling penting yang sebaiknya dilakukan wanita, seperti dilansir oleh Health Me Up (06/05).

1. Kesehatan tiroid
Masalah tiroid lima hingga 10 kali lebih banyak terjadi pada wanita dibanding pria. Penelitian menunjukkan bahwa lebih banyak wanita yang terkena penyakit tiroid dibandingkan pria. Untuk itu, wanita perlu waspada terhadap masalah yang menyerang tiroidnya. Melakukan pemeriksaan sederhana seperti TSH, T3, dan T4 dengan anti-TPO akan membantu wanita mengetahui apakah mereka memiliki masalah tiroid dan bisa segera dirawat. Jika tak diketahui, masalah tiroid ini bisa memicu penyakit yang lebih serius.

2. Kesehatan tulang
Wanita juga memiliki risiko lebih tinggi terkena osteoporosis dan patah tulang. Wanita biasanya memiliki tulang yang lebih kecil dibandingkan pria. Selain itu, hormon estrogen yang ada pada wanita dan bertugas untuk melindungi kesehatan tulang juga berkurang ketika wanita mengalami menopause. Melakukan pemeriksaan kesehatan tulang secara teratur akan membantu wanita mengetahui keadaan tulang mereka. Dengan begitu wanita bisa segera melakukan tindakan saat mengetahui tulang mereka rapuh.

3. Tes darah
Tes darah bisa mengungkap banyak hal tentang kesehatan wanita. Ini adalah salah satu tes yang penting dilakukan oleh wanita. Tes darah akan membantu wanita mengetahui ketika mereka terkena infeksi atau kecenderungan mengalami anemia.

4. Tingkat kolesterol
Saat ini sudah banyak orang yang mewaspadai tingkat kolesterol dalam tubuh mereka. Kolesterol yang terlalu tinggi memang bisa memicu berbagai penyakit, seperti stroke atau penyakit jantung. Melakukan tes untuk mengetahui tingkat kolesterol akan membantu seseorang mengontrol tingkat kolesterol mereka sehingga bisa berhati-hati saat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

5. Tes kanker serviks dan payudara
Melakukan screening akan membantu wanita mengetahui risiko mereka terkena kanker payudara atau payudara. Mengetahui kanker lebih cepat lebih baik, karena kanker lebih mudah dirawat dan disembuhkan jika ditemukan sejak dini. Kematian akibat kanker serviks atau kanker payudara juga bisa dihindari dengan melakukan perawatan sejak dini.
n mencegah penyakit, tak hanya bagi pria tetapi juga wanita. Melakukan gaya hidup yang sehat saja tak cukup, wanita juga harus waspada terhadap tanda-tanda penyakit yang muncul dari tubuh mereka.
Itulah beberapa tes yang bisa dilakukan oleh wanita untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan. Apakah Anda sudah melakukan tes-tes di atas?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment