ALASAN MENGAPA HARUS SERING MAKAN BAYAM

Bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang sudah familiar bagi masyarakat Indonesia. Bayam yang rendah kalori dan kaya serat bisa dianggap sebagai salah satu sayuran tersehat dibanding lainnya. Bayam mengandung banyak manfaat mulai dari menjaga kesehatan kulit, rambut, hingga tulang.

Bayam juga mengandung banyak nutrisi seperti potasium, magnesium, dan zat besi serta vitamin seperti vitamin A, K, D, dan E. Bayam bisa dinikmati sebagai salad, dalam masakan, atau dijus. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari bayam, seperti dilansir oleh Health Me Up (07/05).

1. Melindungi tubuh dari kanker
Bayam mengandung banyak flavonoid yang diketahui memiliki zat anti-kanker. Flavonoid juga diketahui bisa mengecilkan ukuran sel kanker kulit. Tak hanya itu, mengonsumsi bayam diketahui bisa memberikan perlindungan dari kanker prostat pada pria.

2. Kesehatan mata
Bayam mengandung karotenoid, salah satu bentuk antioksidan yang baik untuk melindungi kesehatan mata. Untuk itu, mengonsumsi bayam bisa melindungi mata dari katarak dan generasi makula.

3. Kesehatan tulang
Bayam juga mengandung banyak vitamin K, kalsium, dan magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Untuk itu, mengonsumsi bayam penting untuk kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Makan bayam juga direkomendasikan jika Anda baru mengalami patah tulang.

4. Kesehatan kulit
Vitamin A yang terdapat dalam bayam membantu menjaga kesehatan kulit. Ini karena vitamin A tersebut membuat kulit lebih lembap sehingga mencegah masalah kulit seperti jerawat, keriput, psoriasis, dan lainnya.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Makan bayam akan menjaga kesehatan dan mengontrol jumlah sel darah putih. Ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat sistem kekebalan tubuh sehat. Kekebalan tubuh yang baik akan membantu Anda tetap sehat dan terhindar dari banyak penyakit.

6. Mencegah rasa lelah
Tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bayam juga bisa membantu mencegah tasa lelah. Mengonsumsi bayam akan meningkatkan jumlah energi dan mengurangi rasa lelah. Jumlah zat besi yang ada di dalamnya membantu meningkatkan produksi oksigen pada tubuh. Selain mencegah lelah, ini juga bisa membantu mengontrol tingkat gula dalam darah.

Itulah beberapa khasiat bayam untuk kesehatan. Konsumsi bayam lebih sering dalam diet Anda sehari-hari untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment