DIABETES DI USIA SENJA, BEREFEK BURUK PADA OTAK

Ketika tubuh sudah mulai menua, tentu daya tahan terhadap penyakit pun tidak sama ketika Anda masih muda. Efek buruk yang ditimbulkan penyakit tersebut pada tubuh pun tentu saja lebih parah dibandingkan ketika Anda masih muda.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang terserang diabetes dan darah tinggi di usia senja akan memiliki risiko kerusakan otak.

Penelitian yang melibatkan penderita diabetes dan tekanan darah tinggi pada usia 40-64 tahun ini menemukan bahwa risiko yang terjadi adalah berkurangnya ukuran otak, penurunan kemampuan mengingat, dan gangguan kognitif ringan.

"Gula berperan besar dalam kesehatan otak. Apabila ditemukan banyak gula di dalam tubuh Anda, maka akan memberikan pengaruh pada bagian otak yang bernama hipopocamus. Bagian ini bertugas untuk menyerap dan menyimpan memori. Sementara, darah tinggi pun mampu merusak otak. Sebab terjadi peningkatan sirkulasi darah yang terlalu cepat dan tinggi yang mampu melumpuhkan fungsi otak," jelas Dr Simon Ridley, ketua penelitian dari Alzheimer's Research UK.

Lagi-lagi dia menyarankan agar Anda tidak terkena efek buruk ini untuk selalu menjaga kesehatan. Diet sehat, rajin melakukan olahraga fisik, hingga pola hidup sehat dan seimbang dapat menjauhkan Anda dari efek mengerikan tersebut.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment