KONSUMSI BUAH DAN SAYURAN, TURUNKAN RESIKO STROKE!

Mengonsumsi buah dan sayur secara teratur telah terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mencegah stroke. Penelitian terbaru mengungkap bahwa mengonsumsi sayuran dan buah secara teratur bisa menurunkan risiko stroke.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Stroke ini menunjukkan bahwa mengonsumsi 200 gram buah setiap hari bisa menurunkan risiko stroke hingga 32 persen. Sementara mengonsumsi 200 gram sayuran setiap hari akan menurunkan risiko stroke hingga 11 persen.

"Memperbaiki pola makan dan diet, serta gaya hidup sangat penting untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke," ungkap Dr Yan Qu, dari Qingdao Municipal Hospital di China, seperti dilansir oleh Healthy Living (08/05).

Qu menambahkan bahwa secara umum, pola makan yang kaya sayuran dan buah sangat direkomendasikan untuk memenuhi nutrisi mikro dan nutrisi makro, serta kebutuhan serat dan energi. Orang yang mengonsumsi buah dan sayur hingga 600 gram per hari juga mendapatkan tambahan manfaat, yaitu menurunnya risiko penggumpalan darah yang bisa memicu stroke hingga 19 persen.

Hasil ini ditemukan peneliti setelah menganalisis 20 penelitian selama 19 tahun yang melibatkan sekitar 760.000 orang di Amerika Serikat, Asia, dan Eropa. Mengonsumsi sayur dan buah secara teratur setiap hari bisa menurunkan risiko stroke pada pria dan wanita, baik yang disebabkan oleh penggumpalan darah maupun pendarahan.

Tak hanya menurunkan risiko stroke, mengonsumsi banyak buah dan sayur juga bisa menurunkan tekanan darah, memperbaiki fungsi pembuluh darah, membantu diet, menurunkan lingkar pinggang, tingkat kolesterol, dan mencegah peradangan. berdasarkan American Heart Association, dalam sehari orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi empat sampai lima porsi sayur dan buah.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment