LINDUNGI JANTUNG DENGAN 4 TANAMAN HERBAL INI!

Memiliki kolesterol tinggi dan khawatir memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung atau stroke? Selain mengonsumsi obat dari dokter, sebaiknya Anda juga mengonsumsi makanan yang menyehatkan dan tanaman alami yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Yang terpenting adalah memilih makanan yang bisa membantu melindungi kesehatan jantung dan membersihkan zat-zat berbahaya yang bisa menyumbat pembuluh darah. Berikut adalah beberapa jenis tanaman herba yang meski jarang dikenal, namun ternyata ampuh untuk melindungi kesehatan jantung, seperti dilansir oleh Daily Health Post (23/04).

1. Bawang Putih
Bawang putih adalah tanaman herba yang paling populer untuk menjaga kesehatan jantung. Selama ini bawang putih dikenal karena manfaat kesehatannya yang sangat banyak. Dokter di masa lalu bahkan menggunakan bawang putih untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical nutrition juga mengungkap bahwa orang yang makan banyak bawang putih mengalami penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol buruk, dan jantung yang lebih sehat.

2. Cabai cayenne
Cabai cayenne tak hanya dikenal sebagai cabai yang memiliki rasa paling pedas, namun juga diketahui telah digunakan sebagai obat oleh suku asli Amerika sejak 9.000 tahun lalu. Cabai cayenne juga dikenal sebagai tanaman penting yang bisa meredakan peradangan.

Penelitian dari University of Maryland Medical Center juga mengungkap bahwa zat anti peradangan yang ada dalam cabai cayenne ampuh untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah karena akan membuatnya melebar dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri.

3. Kakao
Kakao atau buah cokelat mengandung zat anti peradangan yang disebut flavanols yang bai untuk perlindungan jantung. Namun jangan terburu-buru makan cokelat yang dijual di pasaran karena cokelat tersebut sudah diolah dan mengandung banyak lemak dan gula. Konsumsi kakao dalam bentuk aslinya, bisa berupa bubuk atau yang lainnya, untuk menurunkan tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung.

4. Ekstrak tanaman Hawthorn
Tanaman hawthorn memang belum populer di Indonesia, namun ekstrak tanaman, mulai dari pohon, daun, hingga buah Hawthorn diketahui memiliki khasiat kesehatan yang sangat banyak. Sejak lama ekstrak hawthorn diklaim bisa menyembuhkan masalah pencernaan hingga gagal jantung.

Hal ini pun dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Medicine yang mengungkap bahwa ekstrak tanaman Hawthorn sangat baik untuk mencegah masalah jantung dan perawatan penyakit jantung kronis.

Itulah beberapa tanaman herba yang bisa dikonsumsi untuk melindungi kesehatan jantung. Beberapa di antaranya tentu sudah tak asing lagi bagi Anda. Tanaman di atas tak hanya bisa mencegah penyakit jantung tetapi juga membuat jantung dan pembuluh darah menjadi lebih sehat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment