PENTINGNYA OLAHRAGA BAGI WANITA USIA 30 TAHUN KE ATAS!

Sebenarnya berolahraga secara rutin untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan penting bagi semua usia baik pria dan wanita. Namun bagi wanita yang sudah berusia 30 tahun ke atas, olahraga lebih penting lagi.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa aktivitas fisik wanita yang sudah berusia 30 tahun ke atas adalah yang paling penting untuk menentukan kesehatan jantungnya. Dibandingkan dengan faktor lain seperti kebiasaan merokok, obesitas, dan tekanan darah tinggi, menjaga kebugaran tubuh lebih penting untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk itu, olahraga teratur sangat penting bagi wanita berusia di atas 30 tahunan.

Hasil ini didapatkan peneliti di University of Queensland setelah mengamati kesehatan dari 32.000 wanita di Australia. Mereka menemukan bahwa gaya hidup tak aktif adalah salah satu faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung mulai usia 30 sampai 80 tahun.

"Kami menyarankan banyak orang untuk lebih sering berolahraga dan memiliki gaya hidup yang aktif. Mulai usia 30 tahunan, aktivitas fisik seringkali menurun. Semua orang harus menyadari itu dan tetap melakukan gaya hidup aktif di usia tersebut," ungkap ketua peneliti Wendy Brown, seperti dilansir oleh Healthy Living (08/05).

Gaya hidup yang tak aktif bisa meningkatkan risiko wanita terkena penyakit jantung hingga 33 persen bagi wanita berusia 30 tahunan, serta 24 persen pada wanita yang lebih tua. Peneliti menyarankan agar wanita berusia 30 tahunan melakukan aktivitas fisik sekitar 150 menit sehari.

Brown juga menjelaskan bahwa jenis olahraga yang dilakukan sebenarnya tak begitu berpengaruh. Selama wanita melakukan gaya hidup yang aktif setiap hari, mereka bisa terhindar dari penyakit jantung. Jadi, jika Anda sudah berusia 30 tahunan dan mulai menyadari bahwa kegiatan menurun, sebaiknya tingkatkan aktivitas atau sempatkan untuk berolahraga 150 menit sehari untuk menjaga jantung agar tetap sehat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment