SEMANGKA AMPUH CEGAH SERANGAN JANTUNG PADA ORANG GEMUK

Semangka dikenal sebagai buah yang menyegarkan dan bisa mencegah dehidrasi. Namun buah yang mengandung banyak air ini ternyata juga memiliki manfaat lain, terutama pada orang yang kelebihan berat badan.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa mengonsumsi semangka bisa mencegah serangan jantung pada orang yang kelebihan berat badan atau mengalami obesitas. Selain itu, buah ini juga diketahui bisa menurunkan tekanan darah pada orang gemuk, bahkan ketika mereka berada di cuaca yang dingin.

Selama ini banyak orang yang mengalami serangan jantung di cuaca dingin karena tubuh menaikkan tekan darah demi menghangatkan tubuh. Pada orang yang kelebihan berat badan, jantung akan memompa darah dengan lebih keras sehingga bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Namun penelitian ini mengungkap bahwa mengonsumsi semangka bisa mencegah itu semua, baik dengan cara menurunkan tekanan darah dan menurunkan serangan jantung atau stroke. Professor Arturo Figueroa dari Florida State University menjelaskan bahwa tekanan pada aorta dan pada jantung menurun ketika seseorang mengonsumsi ekstrak semangka.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan penelitian terhadap 13 pria dan wanita obesitas yang memiliki tekanan darah tinggi selama 12 minggu, seperti dilansir oleh Daily Mail (03/04). Setengah dari mereka diminta untuk mengonsumsi ekstrak semangka sementara setengahnya diberikan placebo.

Diketahui bahwa semangka bisa menurunkan tekanan darah dan tekanan pada jantung bahkan di kondisi dingin. Dengan begitu, partisipan tersebut pun berisiko lebih rendah untuk mengalami serangan jantung setelah mengonsumsi ekstrak semangka.

Selain penelitian ini, sebelumnya penelitian juga menemukan bahwa melakukan senam dalam air hangat juga bisa menurunkan tekanan darah. Meski begitu peneliti tak yakin apa yang menyebabkan air hangat bisa menurunkan tekanan darah. Kemungkinan karena hawa hangat bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment