WASPADAI 6 GEJALA PEMBENGKAKAN LEVER!

Pembengkakan lever adalah pembengkakan pada organ hati yang disebabkan oleh adanya timbunan lemak. Meski penyakit ini tak menyebabkan masalah pada awalnya, namun pembengkakan tersebut bisa menyebabkan kerusakan lever pada waktu yang lama. Pembengkakan lever biasanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi kalori dan lemak melebihi kemampuan mencerna lever mereka.

Pembengkakan lever biasanya terkait dengan obesitas atau dipicu oleh diabetes dan konsumsi alkohol yang berlebihan. Setiap orang harus mewaspadai gejala-gejala pembengkakan lever sebelum terlambat. Berikut adalah beberapa gejala pembengkakan lever yang harus diwaspadai, seperti dilansir oleh Daily Health Post (28/04).

1. Cepat lelah
Salah satu tanda pembengkakan lever dan adanya masalah pada organ tubuh biasanya adalah rasa lelah yang berlebihan. Ketika Anda merasa cepat lelah, sering merasa letih, dan tak bertenaga padahal tak melakukan banyak kegiatan, sebaiknya waspadalah. Ini bisa disebabkan oleh masalah pada organ tubuh.

2. Warna kuning
Penyakit dan masalah kesehatan yang melibatkan lever biasanya ditandai dengan warna kuning pada kulit atau mata. Warna kulit dan mata yang menguning disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar dari lever. Biasanya ini juga ditandai dengan benjolan kecil berwarna kuning yang gatal di permukaan kulit. Jika Anda mengalami penyakit kuning, baik itu berkaitan dengan lever atau tidak, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

3. Warna urine
Masalah pada lever juga bisa diprediksi melalui warna urine. Perhatikan adanya perubahan warna pada urine dan kotoran Anda. Urine yang berwarna lebih pekat dan gelap biasanya menunjukkan adanya masalah dengan lever. Selain itu, penyumbatan pada lever juga bisa menyebabkan warna urine terlalu terang dan berbau tak sedap. Jika mengalami perubahan warna semacam ini segera periksalah ke dokter.

4. Masalah pada kulit
Selain perubahan warna kulit yang menguning, masalah pada lever juga menyebabkan banyak perubahan pada kulit, misalkan pembuluh darah yang terlalu menonjol pada wajah, pundak, dada, dan punggung. Selain itu, juga warna telapak tangan yang terlalu merah atau warna pucat pada kuku.

5. Nyeri pada dada
Rasa sakit dan nyeri pada bagian tengah dan bagian atas dada bisa menunjukkan adanya masalah serius, termasuk pendarahan atau pembengkakan lever yang harus segera diperiksakan. Jika Anda mengalami masalah ini, ditambah dengan muntah darah atau mengetahui adanya darah saat buang air besar, sebaiknya segera periksakan diri.

6. Perut membesar
Salah satu gejala pembengkakan lever yang paling terlihat adalah perut yang membesar. Perut membesar yang terasa sangat keras saat disentuh bisa menjadi pertanda adanya masalah pada lever. Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan cairan pada perut dan menunjukkan adanya masalah lever yang serius.

Itulah beberapa gejala pembengkakan lever yang harus diwaspadai. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, jangan abaikan dan segera periksakan diri. Jika dibiarkan, masalah pembengkakan lever bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah dan serius.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment