8 HAL KECIL PEMICU SAKIT PUNGGUNG

Rasa nyeri pada punggung adalah salah satu rasa nyeri yang bisa mengganggu, sekaligus tak nyaman. Rasa sakit pada punggung bisa menghalangi Anda untuk melakukan banyak aktivitas penting setiap hari. Dibandingkan rasa nyeri pada bagian tubuh lain, peneliti mengungkap bahwa sakit punggung paling sering membuat orang izin bekerja.

Tak jarang sakit pada bagian punggung tampaknya tiba-tiba muncul. Padahal kemungkinan sakit punggung juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang tak Anda sadari. Sakit punggung bisa dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan remeh yang Anda lakukan setiap hari. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan kecil yang bisa menyebabkan sakit punggung, seperti dilansir oleh Huffington Post (24/06).

1. Tas
Tas yang terlalu berat adalah salah satu penyebab munculnya sakit punggung. Jika Anda terbiasa membaca benda-benda berat dalam tas sebaiknya mulai kurangi kebiasaan itu mulai sekarang. Jangan menggunakan tas yang terlalu berat setiap hari.

2. Kasur
Berdasarkan spine-health.com, menggunakan kasur yang tak bisa memberikan cukup topangan untuk tulang juga bisa menyebabkan sakit punggung. Kasur dengan kualitas buruk akan menyebabkan postur tubuh yang buruk, otot yang kaku, cedera, serta buruk untuk persendian. semua masalah tersebut pada akhirnya bisa menyebabkan sakit punggung.

3. Komputer
Jika Anda bekerja di kantor dan menggunakan komputer seharian, bisa jadi Anda berisiko terkena penyakit punggung. Menggunakan komputer seharian identik dengan postur duduk yang buruk dan bisa menyebabkan rasa nyeri punggung. Untuk mencegahnya, duduklah dengan postur yang benar dan tata meja kerja Anda dengan baik.

4. Sepatu
Memilih sepatu juga penting untuk menjaga kesehatan punggung dan mencegah nyeri pada punggung. Salah satu sepatu yang buruk untuk punggung adalah sepatu hak tinggi. Sepatu hak tinggi akan membuat tubuh lebih condong ke depan sehingga membuat tulang belakang bekerja lebih keras.

5. Dompet
Meletakkan dompet tebal di saku belakang, seperti yang sering dilakukan oleh pria bisa menyebabkan sakit punggung. Berdasarkan situs everydayhealth.com, kebiasaan ini bisa memicu sakit punggung karena duduk pada dompet yang terlalu tebal dalam waktu yang lama bisa memberikan tekanan pada otot di dalamnya.

6. Kurang olahraga
Ketika merasakan sakit punggung seseorang biasanya akan beristirahat dan tak berani bergerak. Padahal menurut NHS, jika ingin segera sembuh dari sakit punggung, Anda justru harus tetap aktif dan melakukan olahraga seperti biasa. Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit punggung.

7. Telepon genggam
Seperti dilansir oleh Healthcentral.com, menggunakan telepon genggam dalam waktu yang terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit punggung. Hal ini karena biasanya ketika menggunakan telepon genggam, seseorang akan mencondongkan lehernya dan membuat postur yang aneh. Jika ini berlangsung lama, bukan tak mungkin Anda akan mengalami sakit punggung.

8. Bersepeda
berdasarkan prevention.com, sakit punggung juga bisa dipicu oleh kebiasaan bersepeda Anda. Ini bisa terjadi jika dudukan sepeda tidak pas dengan postur tubuh saat bersepeda. Postur yang buruk saat bersepeda karena letak dudukan yang tak tepat bisa memicu sakit punggung.

Itulah beberapa hal kecil yang bisa menyebabkan sakit punggung. Hal-hal tersebut kemungkinan Anda temui dan lakukan sehari-hari. Untuk mencegah sakit punggung, sebaiknya segera perhatikan hal-hal kecil di atas dan jangan sampai menyebabkan sakit punggung pada Anda.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment