ALASAN KENAPA HARUS KONSUMSI PROTEIN

Baik Anda adalah vegetarian atau bukan, Anda tetap perlu mengonsumsi protein setiap hari. Protein bisa didapatkan melalui nabati dan hewani. Protein juga dibutuhkan tubuh untuk melakukan fungsi-fungsinya dengan baik.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda tak boleh meremehkan konsumsi protein dan harus lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein setiap hari, seperti dilansir oleh Pop Sigar (24/06).

1. Membangun otot
Pentingnya protein untuk membangun otot tentu sudah bukan rahasia lagi dan sudah diketahui oleh banyak orang. Protein diperlukan untuk membangun otot yang kuat, menghilangkan lemak dari tubuh, dan menjaga kesehatan otot. Protein merupakan nutrisi kunci yang dibutuhkan untuk memperbaiki otot yang rusak dan memperbarui otot, serta membuatnya lebih kuat untuk penggunaan jangka panjang. Itulah mengapa sangat penting untuk mengonsumsi otot setelah berolahraga.

2. .Menurunkan berat badan
Dengan lebih banyaknya otot, metabolisme tubuh pun ikut meningkat. Mengonsumsi lebih banyak protein tak hanya membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menangkal rasa lapar, tetapi juga membantu membakar lebih banyak lemak, bukan otot. Namun perlu diingat juga jika Anda mengonsumsi protein yang berasal dari hewan, waspada dengan lemak jenuh yang ada di dalamnya. Jangan konsumsi terlalu banyak karena lemak jenuh tersebut juga bisa meningkatkan risiko penyakit lainnya.

3. Menurunkan risiko stroke
Sementara pola makan yang terlalu banyak mengandung daging merah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, pola makan dan diet yang kaya protein non lemak seperti ikan justru bisa menurunkan risiko stroke. Sebuah analisis yang dilakukan peneliti menemukan bahwa risiko stroke bisa turun hingga 28 persen setiap konsumsi 20 protein sehari.

4. Kesehatan tulang
Protein tak hanya penting untuk kesehatan otot, melainkan juga untuk kesehatan tulang. Asam amino yang ada dalam protein akan membantu tulang agar tetap kuat dan sehat sepanjang usia Anda. Sebuah penelitian terbaru pada manula di Jepang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak protein memiliki tulang yang lebih padat dan sehat dibandingkan yang mengonsumsi sedikit protein. Penelitian ini tidak menunjukkan adanya perbedaan bagi mereka yang mengonsumsi protein nabati dan hewani. Jadi tak masalah jika Anda seorang vegetarian dan mengonsumsi protein yang berasal dari tumbuhan.

Itulah beberapa alasan untuk mengonsumsi lebih banyak protein setiap hari. Perlu diperhatikan ketika Anda mengonsumsi protein yang berasal dari hewan, agar tidak terlalu banyak mengonsumsi daging hewan yang mengandung lemak. Sementara itu, konsumsi protein nabati dan hewani secara bergantian untuk variasi dan mendapatkan protein yang lebih komplet.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment