CAHAYA PONSEL, SEBABKAN KEGEMUKAN?

Seberapa sering Anda menghabiskan waktu Anda dengan bermain ponsel atau menggunakan ponsel Anda? Jawabannya mungkin cukup sering atau bahkan Anda tidak dapat dipisahkan dengan ponsel Anda.

Menggunakan ponsel memang penting terutama bagi Anda yang mempunyai mobilitas yang tinggi dan haus akan informasi. Namun menggunakannya secara berlebihan juga mampu menyebabkan banyak gangguan kesehatan untuk tubuh.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa menggunakan ponsel secara berlebihan mampu menurunkan kualitas kesehatan Anda. Salah satunya adalah penelitian yang dilansir dari huffingtonpost.com ini.

Penelitian yang dilakukan di Northwestern University di Chicago, Illinois baru-baru ini menemukan bahwa cahaya biru yang ada di ponsel mampu meningkatkan berat badan seseorang secara drastis. Bahkan bisa berakibat dengan obesitas.

Penelitian ini melibatkan 10 orang dewasa sehat yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama diminta untuk meminimalisir penggunaan ponsel. Sedangkan kelompok kedua dipersilahkan menggunakan ponsel sebebas yang mereka inginkan. Hasilnya, para peserta yang berada di kelompok kedua mengalami kenaikan nafsu makan yang cukup signifikan.

"Cahaya biru yang ada di ponsel ternyata mampu mempengaruhi produksi hormon melatonin Anda ketika tidur. Cahaya ini dapat mengurangi tingkat produksi hormon ini. Akibatnya, sistem metabolisme Anda menjadi kacau dan pola tidur pun akan terganggu. Jika kedua hal ini mengalami gangguan, maka secara alami akan timbul kenaikan nafsu makan. Sayangnya, kenaikan nafsu makan ini tidak diimbangi dengan peningkatkan sistem metabolisme sehingga mampu menyebabkan kegemukan," kata Ivy Cheung, salah seorang peneliti.

Dengan ditemukannya penelitian ini, maka dia pun menyarankan agar Anda menggunakan ponsel secara bijak. Jangan sampai kesehatan Anda dikorbankan hanya karena ponsel.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment