MELAHIRKAN USIA 33 TAHUN KE ATAS, MAMPU PERPANJANG UMUR

Selama ini dipercayai bahwa usia yang ideal untuk memiliki anak adalah pertengahan usia 20 tahunan hingga 30 tahunan. Namun ternyata menunda kehamilan hingga 33 tahun bisa membawa manfaat tertentu bagi wanita, setidaknya menurut penelitian terbaru.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat mengungkap bahwa wanita yang memiliki anak pertamanya di usia 33 tahun ke atas memiliki usia yang lebih panjang. Mereka mengklaim bahwa menunda kehamilan dan tetap subur lebih lama akan memperlambat proses penuaan pada wanita.

Penelitian ini menemukan bahwa wanita yang memiliki anak terakhir setelah berusia 33 tahun lebih berkemungkinan hidup hingga usia 95 tahun dibandingkan dengan wanita yang memiliki anak terakhir ketika berusia 29 tahun. Peneliti berpendapat bahwa varian gen yang membuat wanita subur lebih lama berkaitan dengan usia panjang.

"Tentu saja hasil tak berarti wanita harus menunggu untuk memiliki anak di usia tua agar mereka bisa hidup lebih lama. Namun usia wanita ketika melahirkan anak terakhirnya bisa menjadi indikator penuaan yang dialaminya," ungkap ketua peneliti Dr Thomas Perls dari Boston University Medical Center, seperti dilansir oleh Daily Mail (25/06).

Menurutnya kemampuan alami wanita untuk memiliki anak di usia tua mengindikasikan bahwa sistem reproduksinya memiliki tingkat penuaan yang lambat. Begitu juga dengan keadaan penuaan tubuhnya. Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan analisis terhadap data 551 keluarga dari LLFS (Long Life Family Study).

Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa wanita bisa jadi memiliki varian genetik yang bisa memperlambat penuaan. Jika wanita memiliki varian tersebut, mereka memiliki masa subur yang lebih lama dan memiliki anak di usia yang lebih tua. Kemungkinan besar mereka juga akan menurunkan gen tersebut pada anak mereka.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment